December 27, 2009

Mempercepat Kinerja Komputer Yang Lambat

LEMOT... Kata yang cukup menyebalkan bagi sebagian pengguna komputer yang menggunakan processor pentium 3 ke bawah, bahkan kadang meskipun sudah menggunakan pentium 4 namun komputer yang digunakan masih dirasa lambat.

Di sini saya akan memberikan trik agar komputer yang kita gunakan dapat sedikit terangkat kecepatannya. Baik, coba ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Uninstall aplikasi yang tidak penting. Jadi misal di komputer anda terinstall beberapa aplikasi browser seperti opera, firefox atau safari, segera uninstall yang jarang anda gunakan. Saya sarankan anda menggunakan firefox dan jangan install add-on yang tidak perlu
  • Bersihkan desktop komputer anda dari file dan folder yang tidak penting, pindahkan saja ke drive C atau D. Bersihkan juga shortcut-shortcut yang jarang anda gunakan
  • Jangan mempartisi harddisk anda lebih dari 2 drive. Drive C untuk file program drive D untuk file dokumen
  • Jangan menggunakan screen saver yang berat, seperti aquarium karena akan memakan banyak RAM komputer anda, juga pilihlah wallpaper yang sederhana
Jika seandainya cara-cara di atas sudah anda lakukan namun komputer anda masih terasa lambat, anda bisa mencoba cara dibawah ini :
  • Klik tombol start, klik kanan di My Computer, pilih properties
  • Klik tab advanced, klik setting di menu performance

  • Di tab visual effect klik "Adjust For Best Performance"
  • Klik tab advanced, klik change di menu virtual memory. Anda akan melihat jendela windows seperti di bawah ini

  • Klik drive C, pilih custom size, rubah menjadi 576 untuk initial sizenya dan 1152 untuk maximum sizenya. Klik set kemudian ok
  • Klik apply kemudian ok. Jika sistem komputer anda menolaknya sebaiknya di cancel saja
  • Sebagai tambahan anda bisa menginstall Tune Up Utilities untuk menaikkan performa komputer kalian. Untuk download Tune Up Utilities silahkan klik di sini untuk license keynya silahkan klik di sini
Silahkan mencoba, semoga membantu.

53 Comments:

gulam said...

Weleh.. Weleh.. Cocok banget buat sy nih.. Hehehe... Tak cobain infonya freeen...

Slurp said...

Silahkan sob..
ini postingan juga terinspirasi dari lu :D

NGAGE-QD said...

wuah bagus..Nice POst.
Biasanya gw selalu pake tuneUP dalam mengatur Leptop gw slurp.
Oh ya yg loe kasih TuneUp 2008 ya slurp.
gw jg pakenya yg 2008,
tpi skrg udh ada tuh sob TuneUP 2010.
Temen gw punya..
Ada tmn gw yg selalu update software.
Gila tu anak emg.hhehex :D

gulam said...

Eh fren.. sy request boleh g? Klo boleh, sy mau request pc suite buat n-gage dong.. (klo ada sii..) hehe..

joee said...

he3,,sama..
cocok bngt ma comp jadul gw,,
thankz slurp..
gw mw tnya nih,,menyimpang sihh,,
g pp kan..he3
tw g aplikasi software bwt mwmpercepat koneksi bwt smart hp modem sob?? stelah googling mlah bingung gw,,

NGAGE-QD said...

@gulam : PC suite buat ngage kya-y ada di alwane.
Gw jg pnya.Tpi gw jg ga tau sbnr-y ada ga si kabel data-y.
@slurp : logika-y klo ada pc suite-y otomatis pasti ada kabel datanya.Tpi kata loe ngage ga da slot buat kabel data slurp??

Full ngage said...

@gulam & pian : jah, itu port usb nya kan ada di n-gage say... PC suite bisa didownload di situs tukiem.. eh salah, nokiem! Nah tu kan salah lagi, wkwkwk.. Download di situs nokia! ;D
perhatikan jg requirement system nya disana, cucok gak dgn kompie or tanktop kita ;D

@slurp : dah berubah haluan neh sob? Berkarya terus cuy! ^^

Slurp said...

@gulam
di blog alwane ada tuh sob

@N-GAGE QD
khusus utk qd bs dikonekin ke pc HANYA lewat blutut, gw msh punya cd pc suite ori & di situ tertulis jls :D

@joee
sama2 sob
pake penggorengan aj, taro modemnya di atas penggorengan, trust me it work :)

@full n-gage
ga jg siy, cuma bbrp eksperimen gw di n-gage qd gw blm ada yg brhsl

gulam said...

Udah dpt nih pc suitnya, tp g bs nyoba, kompiku lagi sakit, ihik.. ihik.. hu.. hu.. Pdhal umurnya belm ada 1 bulan..

gulam said...

Penggorengan itu kayak wajanbolik ya??

Slurp said...

@gulam
sakit knp?
Wajanbolik apa tuh?Hehe

Life never flat said...

@slurp: buat aja slurp browser itu pake front query yg gw kasih itu, manteb bgt tu.. :D

@gulam: sakit napa sob? Tar kalo dah sembuh jadiin aja tu n-gage classic lu sbg modem.. Pake nokia modem option.. Settingannya ada di rumah blogspot gw ^_^

Slurp said...

@Life never flat
sedang dikerjakan sob..
hehe

Slurp said...

Postingan gw uda gw potong
tp kok link read morenya kaga ada ya?
Ada yg bisa bantu

gulam said...

@ari & dwi
sakit mouse nya fren, keyboardnya jg d ambil yg punya, aahahaha.. ckckck.. soale yg bener punyaku cm cpu doang.. (dasar modal dengkul, hehe..) okee.. Tp skrg udah sehat lg, siap buat nyobain nokia modem option, hehe.. Makasih semuanya..

gulam said...

@ari
'wajanbolik' itu antena buat sinyal wifi fren. Disebut 'wajan' karena yg d buat memang wajan (penggorengan bhs jawa).

Erwien Syahputra said...

Seru jga pbincngan xan,
sayang gw cm punya QD dan blm pnya k0mpi ato tanktop, ahai . . Hahaha

NGAGE-QD said...

@slurp : ko ga bs muncul si slurp.Salah dmn ya.
Mgkn coding/code di template-y blm kali sob.
Template yg kmrn bs slurp.
Tanya Redz aja slurp.Template-y kya-y sm kya pnya loe.

Slurp said...

@gulam
iya semacam itu, wajannya digeletakin kek bys, modemnya ditaro di tengah2 wajannya, jd kek parabola
@erwien
sabar sob, nabung aj
@pian
keknya siy gitu
uda ngemail siy ke om redz
tp blm di bls

gulam said...

@erwin
sy aja kmrn dpt cpu hrganya 500 rb, dpt cd rw, hardisk th 2008, (monitor, mouse, keyboard, stavolt semua minjem, waahahaha.. )
@slurp
barusan sy nyoba tips km pk 5200. Lancar fren.. Tp balik nyobak pk n-gage error 633 lg.. Apa d hp-ku ada yg g beres ya..??

NGAGE-QD said...

woi tmn2,tolong kasi koment utk blog jlk gw donk.hehex :D

Slurp said...

@gulam
wew
uda coba googling? jujur aja gw ga prnh ngalamin yg lu alami skrg hehe
@N-GAGE QD
word verificationya diilangin dulu sob, gw yg ol dr hp & ga pake foto jd ga bisa komen :(

gulam said...

@pian
iya fren.. Kotak verifikasinya itu yg bikn sulit, soale sy klo ol jg g nampilin foto biar irit, hehe.. Btw skrg gnti suasana ya blognya..
@slurp
hehe.. Makasih fren atas perhatiannya, gpp lah.. Biar g pk kompi msh bs kok lwt n-gage ku lngsung..

Erwien Syahputra said...

Okelah kalau begitu, haha,
dah pada nyobain emulator MGS??.. Kalau belum mari ke Gubug Gw

NGAGE-QD said...

@erwien : ok.. Dicoba

NGAGE-QD said...

@gulan & slurp : udah diganti tuh sob..Dicoba yaa..
Gw lg bingung nih,recent koment gw ga muncul2.
Gw bru aja ganti template tdi sore.Trus gw taro recent koment tpi gadget yg lain pd ga muncul.
What wrong.?
Ntar gw coba lg dah.

Marthinz said...

Kayaknya seru ne

Slurp said...

@erwien
udah gw liat wien :D
@n-gage qd
recent commentnya pk rss feed aj
masukin url http://alamatbloglu/feeds/comments/default
tp cuma 5 yg bs nongol
@marthinz
xixixi lagi ada ngobrol blogger :p

Erwien Syahputra said...

Uda d coba?

NGAGE-QD said...

thanks sob

Slurp said...

@erwien
blm, gw jarang maen game di hape gw :p
@n-gage qd
sama-sama sob, itu jg blh diajarin ama om redz

(^_^) said...

Manteb... Komputer gue banget tuh... Lemuddd...
Btw kata temen gue biar komputer "agak" cepet dikit, isi folder Prefetch yang di Windows (C:\WINDOWS\Prefetch) dihapus semua. Gue sih sering nyoba dan emang jadi lebih cepet *ga lemod mode on gituh*. sebenarnya boleh ga sih isi folder Prefetch itu dihapus? Trus isi folder itu sebenarnya dari mana? Kya Temp kan dari apa yg kita kerjain gt (word, excel, dll). Mohon pencerahannya om

Slurp said...

@(^_^)
iy gapapa diapus, itu kalo ga salah file autosavenya ms.office

Marthinz said...

Kunjungan sob
wah serune gw jg mw nulis ah judul'a memaximalkan flashdisk untuk menjadi RAM tambahan (coming soon)
oh iy yg mw request game pc klik disini

Slurp said...

@marthinz
wuih..
bagus bagus bagus
gw tunggu dah :D

gulam said...

Slurp.. Mau nanya nih..
1.Kompiku klo hbis d nyalain kok selalu mengnstall driver usb ya..?
2.Stlh install aplikasi / ngopy game (winamp /age empire) knapa ya kok g mau d jalanin besoknya? Jd bs d buka hari itu aja. Pdhal yg t install itu bukan versi trial.. Kt tmnku sih ada file windows d kompi yg corrupt, apa bnr bgitu?
Katanya jg d saranin buat format komputer atau install ulang windowsnya.
Sy jd bngung nih..
Minta saran dan penjelasan ya..

Marthinz said...

@gulam
instal ulang aj...

gulam said...

@marthinz
install ulang sm format itu beda ya? Sy g ngrti bngt nih.. Soale br skrg pnya kompi..

Slurp said...

@gulam
1. driver yang lu install kemungkinan besar salah
2. gw saranin lu repair aja, ga usah install ulang biar ga repot

@marthinz
thanks bantuannya sob

Marthinz said...

@gulam
beda sob...
@Slurp
sob tw cranya matiin anti exe?D warnet deket rumah gw pake anti exe kan jadi gk bisa ngehack biling hehehe

Slurp said...

@marthinz
gw kurang tau sob
nanti gw coba cari tau dulu ya :D

gulam said...

@slurp
cara repairnya gmn? Cpu-nya d bw ke servis kmputer ya? Aduuh.. lg bokek niy..
@marthinz
weleh.. weleh.. Menerapkan jurus mengenolkan billing ya.. T bilangin sm mbak yg jaga lho.. Wehehe..

Slurp said...

@gulam
ga usah, di repair itu sama kek install ulang
tp nanti pas ada pilihan install ato repair windows, pilih repair
lu tau cara nginstall windows xp kan?

NGAGE-QD said...

Mw nimbrung sok tau dikit.
@gulam : ia mgkn itu driver-y ga masuk.
Cek aja dgn klik kanan my komputer-->manage-->device.
Mgkn disitu masi ada yg tanda tanya.Jdi driver-y harus cocok biar bs masuk.Ok

NGAGE-QD said...

@gulam : mnrut gw,klo emg windows-y yg slh/nginstall OS nya krg bnr.. Lebih baik install ulang.Atau solusi lain dgn menggunakan tune up.
Di tune up bs ngecek registry.

Marthinz said...

@slurp
ok ok :D
@gulam
yang jaga laki2 :p

gulam said...

@slurp
sy g bs install windows.. Hehe.. Klo install app d hp siy bs bngt.. Hihihi..
@pian
ya deh nnti t coba ya..
@Marthinz
yaaa.. g bs d lirik deh.. Kumisnya serem, aaahahahaaa..

Slurp said...

@n-gage qd
hehe gapapa sob
thanks berat ya :D

@marthinz
maennya di server aja kalo yg jaga laki2 :p

@gulam
owh..
Minta tolong aja sama tmnlu yg bisa, sekalian minta diajarin :D

gulam said...

Wokeey.. Nnti t kbr-i lagi..

alung77 said...

settingnya gmn gan? maklum newbie !!!!!

Slurp said...

@alung77
setting apaan om? emang postingan gw di atas krg jelas y? :D

irvan said...

well well well aq baru neh.....klo game ori ngage da yang lebih baru gag???trus game ngage versi 2 bisa d maenin d ngage gx??

Slurp said...

@irvan
game ori n-gage v.1 ga ada yang baru..
untuk game n-gage v.2 ga bisa dimaenin di n-gage..
makasih ya udah mampir :D

Post a Comment

let me know your responses about my post above.



 
back to top

Powered by Bloggertemplate by Darren Delaye
modified by Slurp
Creative Commons License